4 Langkah Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

listening musicLangkah pertama yaitu Mendengarkan Musik. Cari dan dengarkanlah lagu berbahasa Inggris yang Anda sukai berulang kali. Sedikit demi sedikit Anda akan hafal dengan lirik dan cara pengucapannya. Tidak tertutup kemungkinan, Anda akan mencari tahu makna lagu tersebut sehingga proses belajar akan terasa mengalir dan menyenangkan.

watching moviesLangkah Kedua yaitu Menonton Film. Mulai sekarang, pastikan Anda memperhatikan percakapan sewaktu menyaksikan film berbahasa Inggris. Selain berlatih mendengarkan, Anda juga sekaligus membaca arti dialog tersebut (untuk film-film dengan teks bahasa Indonesia). Tentunya tips ini tidak berlaku bila yang Anda tonton adalah film india, film mandarin apalagi film biru.

reading booksLangkah Ketiga yaitu Membaca. Carilah bacaan dalam bentuk bahasa Inggris, baik itu berupa buku, koran ataupun artikel berbahasa inggris di internet. Awalnya tentu sulit, tapi seiring banyaknya kosakata yang kita ketahui artinya maka proses membaca akan semakin mudah. Untuk mengantisipasi kata-kata yang tidak diketahui artinya, jangan lupa untuk membawa kamus.

conversationLangkah Keempat yaitu Komunikasi. Setelah mendengarkan, menonton dan membaca sekarang saatnya Anda latihan berdialog menggunakan bahasa Inggris. Percuma Anda hafal tapi tidak dipraktekkan. Cara paling mudah ya ajak teman yang bisa berbahasa Inggris atau cari wisatawan asing untuk diajak berdialog.

Demikian tips dari kami, selamat mencoba!

Related Posts