Cara Meningkatkan Skill dalam membaca

Kemampuan membaca dan memahami bacaan dalam Bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Selain banyaknya buku-buku bacaan yang sangat bagus dan layak baca yang disajikan dalam Bahasa Inggris, arus informasi cepat dalam dunia maya tentang perkembangan dunia di bidang apapun,juga selalu disajikan dalam Bahasa Inggris dengan asumsi bisa dipahami oleh semua masyarakat dunia. Jadi, agar tidak ketinggalan informasi, sekarang setiap orang wajib belajar Bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan readingnya.

Berikut beberapa cara meningkatkan skill dalam membaca tulisan bahasa Inggris

1.      Perbanyak kosa kata

Salah satu hal wajib dalam memahami bacaan adalah penguasaan kosa kata. Jika dalam poin ini Anda masih sangat kurang, Anda harus meningkatkannya dengan cara apa saja misalnya, rajin nonton film berbahasa Inggris, menambah koleksi lagu-lagu berbahasa Inggris, atau rajin membuka kamus saat menemukan kata- kata baru yang tidak dimengerti. Cara-cara tersebut dapat menjdi cara belajar Bahasa Inggris yang efektif terutama untuk membantu memperkaya kosa kata.

2.      Tingkatkan kemampuan grammar.

Bacaan biasanya selalu identik dengan tata bahasa. Apalagi untuk bacaan formal seperti koran, majalah, textbook, atau bacaan-bacaan dalam soal-soal tes. Bila kemampuan grammar Anda lemah, kembalilah mempelajarinya. Anda bisa membuka catatan Anda atau belajar Bahasa Inggris di tempat-tempat kursus yang memiliki reputasi baik.

3.      Mulailah rajin baca teks dalam Bahasa Inggris

Untuk dapat terbiasa memahami bacaan dalam Bahasa Inggris, Anda juga harus terbiasa membaca. Mulai sekarang rajinlah membaca apa saja yang ditulis dalam Bahasa Inggris. mulailah kebiasaan tersebut dengan hal yang paling Anda sukai, misalnya dengan membaca novel, majalah, koran hingga meningkat pada bacaan yang relevan dengan tes-tes tertentu.

Ada beberapa poin penting agar belajar Bahasa Inggris dengan metode ini berjalan dengan baik dan mudah:

–  Pahami topiknya terlebih dahulu.

–  Sambil membaca, buat catatan-catatan untuk hal-hal yang sulit dipahami.

–  Jangan malas membuka kamus.

–  Belajar membedakan  teks: berita, fakta, opini atau fiktif?

– Berdiskusi dengan teman. Poin ini akan membantu Anda mengevaluasi apakah Anda sudah cukup memahami bacaan yang sudah Anda baca dengan baik atau belum.

Related Posts