Memaksa Diri Belajar Bahasa Inggris

lost-in-translation1

Umumnya ketika orang sedang terpaksa maka ia menjadi serba bisa, seringkali dalam waktu yang sangat cepat. Misalnya ketika dikejar-kejar anjing gila, kita yang biasanya malas berlari malah menjadi pelari super cepat, bahkan sampai bisa melompati tembok karena terpaksa melarikan diri dari kejaran anjing gila tadi.

Ada dua jenis “terpaksa”, yang pertama adalah “terpaksa betulan” dan kedua “merasa terpaksa”. Meski berbeda, keduanya memiliki dampak yang sama bila kita pandai mengolahnya.
Misalnya Anda tersasar di Amerika jadi “terpaksa” kemana-mana harus pakai bahasa Inggris. Tapi Anda juga bisa berkhayal sedang nyasar Ke Amerika bukan? sampai-sampai beli nasi uduk pun harus pake bahasa Inggris. Secara teori hal ini sangat mudah untuk dilakukan.

Sebetulnya kita tak harus menunggu tersesat dulu di negeri orang yang semuanya berbahasa inggris untuk menjadi seperti terpaksa bisa bahasa inggris. Ada cara lain, misalnya dengan membentuk kelompok belajar yang ketika berkumpul, maka semua kegiatan dalam kelompok tersebut WAJIB BERBAHASA INGGRIS.

Boleh saja kita mencampurnya dengan bahasa indonesia saat praktek berbicara, terutama untuk kata-kata yang kita belum tau bahasa inggrisnya apa. Tetapi kita juga harus mencari tahu dan mengingat kosa kata baru tersebut melalui kamus, bertanya dengan teman, membuat catatan dan lain sebagainya.

Asalkan semua anggota komunitas belajar bahasa inggris tadi semuanya berani menggunakan bahasa inggris walaupun masih berantakan sekalipun, maka setiap member kelompok belajar bahasa inggris tersebut akan cepat sekali progress belajarnya. Toh rumus alaminya adalah BISA KARENA BIASA.

Dan Langkah terakhir bila memang memungkinkan, rencanakanlah perjalanan ke luar negeri untuk melatih kemampuan Anda. Dengan bepergian ke luar negeri, Anda akan bertemu dengan para native speaker yang menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari. Dengan begitu Anda akan mencoba untuk meniru mereka dan berbicara dengan mereka setiap hari dan tentunya Anda akan mendapat metode belajar Bahasa Inggris yang paling menyenangkan.

Related Posts