Sejarah Bahasa Inggris di Indonesia

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah sangat dikenal sebagai bahasa internasional dunia. Tetapi, apa kalian tahu sejarah masuknya bahasa inggris serta perkembangannya di bumi nusantara yang dimulai dari masa kelam penjajahan belanda, jepang hingga kemerdekaan negeri ini. Nah, pada artikel kali ini kita akan meringkas sedikit nih mengenai sejarah bahasa inggris tersebut di indonesia, yuk mari..

Jaman Belanda

Pada masa penjajahan Belanda, Bahasa Inggris diajarkan pada tingkat MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) dan AMS (Algemeene Middlebare School). Pada masa itu, hanya anak-anak belanda serta orang-orang pribumi tertentu sajalah yang boleh bersekolah di MULO (setara dengan SMP) dan AMS (setara dengan SMA). Untuk orang-orang pribumi lainnya, saat itu hanya bisa bersekolah sampai tingkat SD. Hal ini merupakan salah satu hal yang membuat perkembangan bahasa inggris pada anak-anak pribumi terhambat. Namun setidaknya, pada masa ini bahasa inggris sudah mulai diajarkan pada beberapa anak pribumi. Meskipun jika dilihat pada masa sekarang, bahasa inggris sudah sangat bebas untuk dipelajari di sekolah, bahkan pada tingkat SD.

Jaman Jepang
Sistem belajar bahasa inggris berubah sangat besar ketika jepang mulai mengambil alih tanah serta penduduk indonesia. Pada masa penjajahan Jepang, bahasa inggris dilarang untuk dipelajari pada tingkat apapun bahkan sama sekali tidak boleh digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, buku-buku yang memakai bahasa inggris juga dibakar untuk mengurangi eksinsitas bahasa negara barat tersebut di bumi nusantara. Sejak saat itu, permulaan untuk buku dengan menggunakan bahasa indonesia dimulai dan mulai berkembang seiring dengan jarang digunakannya bahasa inggris.

Jaman Kemerdekaan
Bahasa Inggris resmi diajarkan sebagai bahasa asing di sekolah indonesia seiring dengan keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1967. Perubahan bahasa inggris pun mulai berkembang luas di indonesia saat sistem belajar ini dilakukan. Tidak tanggung-tanggung, triliyunan rupiah dikeluarkan dalam usaha mengembangkan bahasa tersebut yang konon katanya, sebagian besar dana yang digunakan berasal dari pinjaman negara yang pastinya harus dikembalikan.

Berakhirnya masa penjajahan dan datangnya angin kemerdekaan telah membuat bangsa indonesia semakin maju. Bukan hanya dari nasionalismenya saja, tetapi juga ilmu-ilmu yang salah satunya adalah bahasa inggris, dengan harapan anak-anak indonesia nantinya akan bisa dan sanggup bersaing bersama bangsa asing lainnya di bumi.

Jadi, bagaimana? Apakah kalian masih perlu alasan yang lebih kuat lagi untuk mulai belajar bahasa internasional ini?

Ayo mulailah belajar bahasa inggris dari sekarang dan buktikan indonesia mampu bersaing! ^_^

Related Posts